Trotoar Jalan Rawa Buntu Tangsel Baru Rampung, Kini Jadi Lahan Parkir Liar

708x444 | 640x401 | 120x75 | 75x75

uraakim   Image Posted Apr.7th, 2021, viewed 209 times

Trotoar Jalan Rawa Buntu Tangsel Baru Rampung, Kini Jadi Lahan Parkir Liar

Trotoar Jalan Rawa Buntu, Tangerang Selatan yang baru rampung dibangun justru masyarakat jadikan sebagai area parkir liar. Banyak mobil serta juga motor tampak terparkir di sana.

Hal tersebut berdasarkan pantauan media, di sepanjang Jalan Raya Rawa Buntu, Tangerang Selatan, Senin (05/04). Pada pukul 15.35 WIB, tampak banyak mobil serta motor diparkir di trotoar. Rata-rata kendaraan yang parkir berada di depan tempat makan tepat di pinggir trotoar.

Trotoar Jalan Rawa Buntu Menjadi Lahan Parkir Liar

Selain kendaraan, tampak pula tenda yang terpasang di jalur pejalan kaki itu. Tenda yang dipasang tersebut digunakan sebagai tempat makan para pengunjung yang ingin makan di sana.

Kursi sekaligus meja tempat makan itu tertata di trotoar Jalan Rawa Buntu. Tenda serta kursi tampak menutupi seluruh bagian pedestrian. Sehingga apabila ada pejalan kaki yang melewati jalur tersebut, mereka harus turun lebih dulu ke jalan raya.

Beberapa tiang penghalang kendaraan atau barrier tampak terpasang di jalur pejalan kaki. Namun posisinya tidak merata, hanya terdapat di titik-titik tertentu saja.
Tampak guiding block warna kuning guna membantu penyandang tunanetra untuk berjalan di jalur tersebut. Selain area pejalan kaki, di atas trotoar itu pun tersedia jalur khusus sepeda.

Di lokasi tak tampak petugas yang berjaga untuk mengawasi trotoar. Tak banyak pejalan kaki yang lewat di lokasi. Baru Selesai Dibangun dengan Dana Milyaran Rupiah
Trotoar Jalan Rawa Buntu diketahui baru saja selesai dibangun. Anggaran pembangunan fasilitas tersebut dikabarkan mencapai miliaran rupiah.

Hal tersebut dapat diamati dari data LPSE (Layanan Pengadaan Secara Elektronik) Kota Tangsel melalui laman resminya. Proyek Pembangunan Pedestrian di Jalan Buaran, Rawa Buntu Raya, Kencana Raya tersebut dianggarkan sebesar Rp21 miliar.

Pemerintah Kota Tangerang Selatan melalui Dinas Pekerjaan Umum melaksanakan pekerjaan pelebaran sekaligus perbaikan jalan di wilayah Rawa Buntu, Serpong. Selain itu perbaikan juga dilakukan di Jalan Bhayangkara, Serpong Utara. Pekerjaan ini ditujukan untuk mengatasi kemacetan di dua daerah tersebut. Ditambah, salah satu proyeknya adalah pembangunan fasilitas trotoar Jalan Rawa Buntu.

Airin Rachmi Diany selaku Wali Kota Tangerang Selatan mengatakan bahwa infrastruktur yang memadai adalah salah satu wujud pelayanan masyarakat. Kualitas jalanan yang baik dapat memberikan rasa aman serta nyaman bagi para pengguna jalan sekaligus pengendara kendaraan.

Airin menyampaikan, Pemkot Tangsel terus berupaya memenuhi kebutuhan publik, salah satu ya dengan fokus pada peningkatan infrastruktur jalan. Tak dapat dipungkiri, seiring meningkatnya jumlah penduduk, kendaraan bermotor juga mengalami peningkatan yang signifikan. Khususnya di tengah-tengah mobilitas serta kesibukan masyarakat yang tinggi. Oleh sebab itu, Pemkot melaksanakan pelebaran di sejumlah titik jalan yang terdapat di Kota Tangsel.

Pemerintah Kabupaten Bogor: Ruas Jalan Adalah Akses Penting Masyarakat

Aries Kurniawan selaku Kepala DPU Kota Tangsel, menjelaskan ruas Jalan Rawa Buntu adalah akses yang penting bagi masyarakat. Sebab, di ruas jalan ini adalah jalur penghubung antara Kabupaten Bogor dan Tol BSD menuju Jakarta.

Perbaikan ruas jalan ini, menurut Aries, selain untuk memperlancar arus lalu lintas, juga guna meningkatkan kenyamanan bagi pejalan kaki. Selain itu juga para disabilitas serta komunitas sepeda yang telah diperhatikan Pemkot Tangsel.

Aries berujar, tahap pelebaran ruas Jalan Rawa Buntu dimulai dari pertigaan Tekno-Ayoma sampai Pavilion Residence Rawa Buntu. Panjang eksisting atau sebelum pelebaran adalah 1.300 Meter. Lebarnya 13 sampai 20 meter. Lahan yang telah dibebaskan mengalami pelebaran 8 sampai 15 meter.

Ruas Jalan Rawa Buntu akan dibangun menjadi enam lajur. Lajur tersebut terbagi atas tiga lajur di bagian kanan serta tiga lajur di bagian kiri. Konstruksi jalan mengaplikasikan material rigid pavement.

Aries melanjutkan, di depan segmen Kelurahan Rawa Buntu akan dilakukan peninggian jalan. Di samping itu juga pembangunan trotoar Jalan Rawa Buntu menggunakan konstruksi precast concrete stamp atau beton pola. Tujuannya agar kuat dan tahan lama. Sedangkan untuk drainase digunakan U-ditch di bawah pedestrian. Selain itu terdapat pula box jaringan utilitas yang aman bagi pejalan kaki. Demikian salah satu berita politik terkait pembangunan infrastruktur di Tangerang Selatan.

Community Critique

This work has not yet received a critique from members of the Drawspace community. Check back soon!

Sign in to post