bowonugroho   Album Posted Dec.2nd, 2022, viewed 90 times

Berjualan di Situs Sosial: Anugerah atau Kutukan?

Setiap agen media sosial mungkin telah menembak diri mereka sendiri ketika mereka memuliakan pemasaran jaringan sosial seperti sekarang karena bisnis menjadi menuntut dalam hal hasil dan ROI. Lebih khusus lagi, bisnis sekarang mencari bagaimana pemasaran di situs sosial benar-benar dapat meningkatkan keuntungan mereka. Singkatnya, pertanyaan jutaan dolar (permainan kata-kata) untuk setiap perusahaan SMM sekarang adalah: dapatkah jejaring sosial menjual?

Ada aliran pemikiran yang berbeda dan bertentangan dalam menjawab pertanyaan ini. Namun, berdasarkan angka yang sulit, tampaknya pemasaran sosial tidak membawa hasil yang baik. Menurut organisasi riset pasar terkemuka GSI Commerce dan Forrester Research, penjualan dari situs sosial mencapai 2% dari total penjualan internet. Pemasaran mesin pencari dan pemasaran email masih terbukti menjadi alat yang paling efektif dalam hal melakukan penjualan di dunia maya.

Lantas, apakah janji manis yang ditawarkan sebuah agensi media sosial itu kosong dan tidak berdasar? Jika tidak, di mana peran pemasaran sosial dalam industri di mana terdapat pergeseran menuju ROI konkret yang diukur melalui pendapatan dan keuntungan?

Jejaring Sosial BUKAN Salesman

Ini bisa menjadi kasus gigitan realitas atau kesalahpahaman yang jelas - itu sangat tergantung pada bagaimana Anda melihat situasinya. Either way, setiap perusahaan SMM harus menerima kenyataan bahwa situs sosial mungkin tidak memiliki kekuatan untuk mengubah pengguna sosial menjadi pelanggan yang membayar sebenarnya di mana batas-batas platform mereka - setidaknya belum.

Artinya, bisnis yang melakukan kampanye promosi di Facebook atau Twitter tidak boleh berharap bahwa mereka akan melakukan penjualan di Facebook atau Twitter itu sendiri. Namun, yang menarik untuk diketahui adalah meskipun jejaring sosial ini tidak serta merta membuat konversi itu sendiri, mereka memainkan peran penting dalam memengaruhi perilaku pembelian dan keputusan orang.

Membuat Penjualan adalah sebuah Proses

Yang harus disadari oleh pelaku bisnis, terutama yang bergerak di bidang e-commerce adalah bahwa melakukan penjualan bukanlah pembakaran instan. Bahkan pembelian dadakan atau akuisisi impulsif pun melalui proses, itulah sebabnya pakar pengoptimalan konversi biasanya menggunakan istilah "corong penjualan".

Di sinilah kekuatan jejaring sosial berperan dan keahlian agen media sosial profesional terbukti bermanfaat.

Tidak dapat disangkal, undrctrl.id adalah salah satu pasar tersibuk dan paling berantakan di planet ini dan pemasaran media sosial meningkatkan kesadaran, memperkuat keterlibatan pelanggan dan pasar, membangun kepercayaan, dan membangun loyalitas merek. Pada akhirnya, harus ada perubahan paradigma besar di antara pemilik bisnis bahwa meskipun jejaring sosial tidak menghasilkan uang secara langsung, jejaring sosial berkontribusi banyak dalam hal proses penjualan dan memaksa pasar untuk membeli dan membeli dari merek atau perusahaan. .

Meskipun demikian, jika dilakukan dengan benar, agensi media sosial dan pemasaran jaringan sosial dapat dipandang sebagai pahlawan tanpa tanda jasa dari inisiatif pengoptimalan konversi.

Sign in to post