Paket tour banyuwangi - wisata kuliner banyuwangi

900x556 | 640x395 | 120x74 | 75x75

seoindonesia   Comment Posted May.11th, 2023, viewed 129 times

Paket tour banyuwangi - wisata kuliner banyuwangi

Kuliner banyuwangi yang melegenda



paket tour Banyuwangi, sebuah kota di ujung timur Pulau Jawa, bukan hanya dikenal dengan keindahan alamnya yang memukau, namun juga dengan kuliner-kuliner lezat yang menggugah selera. Kekayaan rempah-rempah dan bahan-bahan alami yang melimpah membuat kuliner Banyuwangi sangat istimewa dan unik. Berikut ini adalah beberapa kuliner Banyuwangi yang terkenal dan wajib dicicipi ketika berkunjung ke sana.



Nasi Tempong

Nasi tempong adalah makanan khas Banyuwangi yang terdiri dari nasi putih yang disajikan dengan lauk yang bervariasi, seperti ayam goreng, ikan goreng, atau telur dadar. Ciri khas dari nasi tempong Banyuwangi adalah sambal yang pedas dan sangat nikmat. Rasanya yang gurih dan pedas membuat nasi tempong menjadi favorit bagi banyak orang, baik penduduk lokal maupun wisatawan.



Sate Klatak

Sate klatak adalah salah satu kuliner yang menjadi ciri khas dari Banyuwangi. Sate ini terbuat dari daging sapi atau kambing yang dipanggang dengan cara dikepalkan menggunakan bara api. Cara pengolahan yang unik inilah yang membuat sate klatak memiliki rasa yang khas dan berbeda dengan sate pada umumnya. Sate klatak biasanya disajikan dengan bumbu kecap pedas dan lalapan seperti mentimun dan tomat.



BACA JUGA : Sejarah coklat banyuwangi yang enak



Rawon

Rawon adalah makanan tradisional Jawa Timur yang terbuat dari daging sapi yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah khas seperti kluwek. Bahan kluwek yang digunakan untuk membuat rawon memberikan rasa dan aroma yang khas dan kental, sehingga menjadikan makanan ini sangat digemari oleh masyarakat Jawa Timur, termasuk Banyuwangi. Rawon biasanya disajikan dengan nasi, tauge, dan telur asin.



Jenang Ketan

Jenang ketan adalah salah satu makanan tradisional Banyuwangi yang terbuat dari ketan hitam yang dimasak dengan gula kelapa dan santan. Jenang ketan memiliki tekstur yang lembut dan rasanya manis serta legit. Makanan ini biasanya disajikan sebagai makanan penutup atau sebagai camilan.



Serabi Notosuman

Serabi Notosuman adalah makanan khas Jawa Timur yang berasal dari kota Malang, namun juga tersedia di Banyuwangi. Serabi Notosuman terbuat dari tepung beras, santan, dan gula kelapa yang dicampur dan dipanggang menggunakan wajan khusus. Serabi ini disajikan dengan taburan kelapa parut dan gula kelapa di atasnya. Rasanya yang manis dan lembut membuat serabi Notosuman sangat cocok dijadikan sebagai makanan penutup.



Wedang Ronde

Wedang ronde adalah minuman tradisional khas Jawa Timur yang terdiri dari bola-bola ketan yang diisi dengan kacang hijau dan disajikan dalam kuah jahe yang manis dan hangat. Wedang ronde sangat cocok antap ketika disajikan pada malam hari atau saat cuaca sedang dingin. Minuman ini juga memiliki banyak khasiat, seperti membantu melancarkan pencernaan dan menghangatkan tubuh.



Nasi Gandul

Nasi gandul adalah makanan khas Banyuwangi yang terbuat dari nasi yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah khas Jawa Timur seperti lengkuas, daun salam, dan serai. Nasi gandul biasanya disajikan dengan lauk pauk seperti ayam suwir, tahu, dan tempe. Rasa nasi gandul yang gurih dan beraroma khas membuatnya menjadi salah satu kuliner Banyuwangi yang paling dicari oleh wisatawan.



Bubur Gandul

Bubur gandul adalah makanan khas Banyuwangi yang hampir mirip dengan nasi gandul, namun berbentuk bubur. Bubur gandul terbuat dari beras yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah khas Jawa Timur, seperti nasi gandul. Bubur ini biasanya disajikan dengan taburan bawang goreng dan ayam suwir. Rasanya yang gurih dan lezat membuat bubur gandul menjadi salah satu kuliner Banyuwangi yang tidak boleh dilewatkan.



Sroto Banyuwangi

Sroto Banyuwangi adalah makanan khas Banyuwangi yang terbuat dari kuah kaldu daging sapi atau ayam yang disajikan dengan ketupat atau lontong. Sroto Banyuwangi biasanya diberi tambahan irisan daun bawang dan sambal, sehingga memberikan rasa yang lebih segar dan pedas. Sroto Banyuwangi sangat cocok dinikmati pada pagi atau siang hari.



Sambal Uleg

Sambal uleg adalah sambal khas Banyuwangi yang terbuat dari cabai, bawang putih, garam, dan gula. Sambal ini dibuat dengan cara diuleg menggunakan alat tradisional yang disebut ulekan. Rasanya yang pedas dan nikmat membuat sambal uleg menjadi teman yang sempurna untuk berbagai jenis makanan, seperti nasi tempong, sate klatak, dan nasi gandul.



Itulah beberapa kuliner Banyuwangi yang terkenal dan wajib dicicipi ketika berkunjung ke sana. Kuliner-kuliner tersebut sangat cocok untuk mengisi perut setelah lelah berkeliling menikmati keindahan alam Banyuwangi. Jangan lupa untuk mencoba kuliner-kuliner tersebut ketika berkunjung ke Banyuwangi dan membawa pulang oleh-oleh untuk keluarga dan teman-teman di rumah. Selamat menikmati!



sumber : https://victoryrentalmobil.biz.id/

In response to album:

seoindonesia May.11th, 2023
Album added Wisata

Community Critique

This work has not yet received a critique from members of the Drawspace community. Check back soon!

Sign in to post